• header
  • header
  • header
  • header

Selamat Datang di Website SMK NEGERI 1 KOTABUMI | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK NEGERI 1 KOTABUMI

NPSN : 10803035

Jl.Bougenville No.48 Kotabumi, Lampung Utara Telp.0724-22409


info@smknegeri1kotabumi.sch.id

TLP : 072422409


          

Banner

Agenda

15 April 2021
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8

Statistik


Total Hits : 165143
Pengunjung : 55889
Hari ini : 12
Hits hari ini : 60
Member Online : 1
IP : 3.234.221.162
Proxy : -
Browser : Opera Mini

SELAYANG PANDANG SMK NEGERI 1 KOTABUMI

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kotabumi, mulai dibuka tahun 1968 sebagai Filial dari SMEA Negeri Tanjung Karang. Pada awalnya kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan di SMEP Kotabumi yang berkedudukan di SKIP Tanjung Aman, Kotabumi Lampung Utara Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0189/O/1979 tanggal, 3 September 1979 SMEA Negeri 1 Kotabumi menjadi sekolah yang berdiri sendiri. Kemudian mulai tahun 1992 SME Negeri 1 Kotabumi (SMKN 1 Kotabumi) menempati Gedung Baru yang megah atas bantuan ADB Loan II, gedung tersebut terletak di Jl. Bougenville No. 48 Kelapa Tujuh Kotabumi Lampung Utara.

Adapun kepala sekolah yang pernah memimpin SMEAN / SMKN 1 Kotabumi :

1. Marsoedi, BA

2. Usman Martunus

3. Zakaria Hasyim

4. Drs. Jahidin Ismail

5. Drs. A. Helmi

6. Drs. Syamsi

7. Drs. Zainal Abidin, M.Pd.I.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan, SMK Negeri 1 Kotabumi, bertanggung jawab langsung kepada Bupati Kepala Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara. Memiliki tugas menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan di bidang Bisnis dan Manajemen.

Berkenaan dengan  tugas tersebut SMK Negeri 1 Kotabumi memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Merencanakan Program Pendidikan dan Latihan bagi siswa.
  2. Melaksanakan Pendidikan dan Latihan bagi siswa.
  3. Merencanakan Program Bimbingan Penyuluhan dan Bimbingan Konseling.
  4. Melaksanakan Bimbingan dan Penyuluhan bagi siswa yang bermasalah.
  5. Melaksanakan Pengendalian dan Evaluasi Diklat.
  6. Melaksanakan urusan Tata Usaha Rumah Tangga SMK Negeri 1 Kotabumi.

Dalam rangka pelaksanaan  tugas dan fungsi di atas,  SMK Negeri 1 Kotabumi saat ini , mengelola 28 rombongan belajar yang terdiri dari  7 (lima) kompetensi  keahlian, antara lain Akuntansi, Perbankan, Administrasi Perkantoran, Tata Niaga dan Teknik Komputer Jaringan, Perbankan syariah dan Rekayasa Perangkat Lunas; didukung oleh 66 orang tenaga pendidik dan  23 orang tenaga kependidikan. Dari jumlah tenaga pendidik tersebut,  14 orang dengan kualifikasi S2, 52 Orang dengan kualifikasi S1. Dari seluruh tenaga pendidik tersebut  1 orang diantaranya sebagai asesor kompetensi keahlian yaitu untuk kompetensi keahlian Akuntansi, dan sisanya telah sesuai dengan kualifikasi minimal yang dipersyaratkan sebagai tenaga pendidik.

Beberapa fasilitas yang ada pada SMK Negeri 1 Kotabumi saat ini antara lain : Laboratorium Kompetensi keahlian 5 unit,  Laboratorium TKJ/ RPL, Laboratoriun Komputer, Laboratorium bahasa 1 unit,  Bisnis Center berupa SMKe Mart  1 unit,  Jaringan internet 3 unit, Perpustakaan 1 buah,  Tempat Uji Kompetensi (TUK) Akuntansi, Ruang serbaguna,  ruang teori 28 unit dan fasilitas lain yang menunjang kegiatan ekstra kurikuler yang ada di  SMK Negeri  1 Kotabumi.

Beberapa aktivitas yang telah dilaksanakan SMK Negeri 1 Kotabumi antara lain :

  • Pengembangan Kompetensi Guru melalui In House Training (IHT).
  • Penyusunan Bahan Ajar (Modul) dengan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Pelaksanaan Praktik Industri yang melibatkan DU/DI
  • Pelaksanaan Uji Kompetensi dengan teknik OFF JOB sampai dengan tahun 2004,
  • Pelaksanaan Diklat secara formal maupun tambahan jam belajar sore hari untuk beberapa mata pelajaran yang menjadi uji nasional dan untuk persiapan praktik industri. .
  • Menjalin kerjasama antar lembaga atau dunia usaha/ industri dalam hal sertifikasi kompetensi bagi siswa.
  • Pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler dalam upaya menambah ketrampilan dan wawasan bagi siswa.
  • Sejak tahun 2005 telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2000; dan sejak Oktober 2009 telah di Upgrade menjadi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 901:2008.
  • Sejak tahun pelajaran 2013/20014 menerapkan Kurikulum 2013..
  • Bekerjasama dengan berbagai pihak, mengembangkan Kurikulum 2013
  • Akreditasi A untuk kompetensi keahlian keahlian Akuntansi,  Administrasi perkantoran, Perbankan, Tata Niaga dan kompetensi  eahlian teknik komputer dan jaringan sedangkan yang 2 kompetensi keahlian baru dibuka.